Minggu, 25 September 2016

Lily Paris





            Lily paris yang bernama latin clorophytum comosum adalah nama dari tanaman hias jenis semak yang biasa digunakan sebagai material pembuatan taman dan dalam aplikasinya digunakan sebagai tanamansemak, baik untuk tujuan border, maupun listing. Tanaman ini sebenarnya sangat mudah untuk perawatnya, dan memiliki nilai artistik yang bagus, sehingga banyak digunakan oleh desainer taman maupun tukang taman dalam pembuatan taman, cocokdigunakan untuk taman minimalis maupun tropis.

Ciri fisik tanaman lily paris :
Tanaman Herba
o   daun berwarna terang dengan dipadu warna hijau muda pinggirnya,
o   daun berbentuk memanjang dengan lebar kurang lebih 4 cm
o   berbatang dengan tinggi kisaran 10 cm
o   akar serabut, berumbi
o   bunga putih dengan ditopang tangkai memanjang
o   berbiji dan cepat bertunas
Harga tanaman hias Lily Paris (ChlorophytumComosum)
 banyak jenis tanaman hias bernama lily, lily paris hanyalah sebagian dari spesiesnya, dan jangan salah ada salah satu tanaman yang mirip dengan tanaman lily paris, yaitu tanaman lily umbi, yang membedakan adalah warna daunnya lebih gelap, dan berumbi banyak, dari segi harga juga berbeda, lily umbi lebih murah,  untuk tanaman lily paris lebih mahal,dengan dibandrol Rp 500 sampai Rp 750/polybag ukuran 15 dengan media tanam sekam. Harga ini adalah harga di tingkat petani tanaman hias, dengan pembelian secara partai.

 cara menanam lily paris

a)      Pilih lokasi untuk menanam Bunga Lili Paris, kalau saya menanam tanaman ini didekat kolam mungil depan rumah saya. Gali tanah dengan menggunakan sekop tanaman, atau alat lain yang bisa dipakai untuk menggali tanah, asal jangan menggunakan tangan langsung ya.
 
 
b)      Penggalian tanah tidak usah dalam, yang diperlukan kira – kira 5 – 7 Cm saja, masukkan pupuk Kompos atau humus atau arang sekam padi, bisa juga dengan abu gosok hehehe. Untuk menaman tanaman yang baru ditanam saya tidak pernah menggunakan pupuk kandang karena pupuk kandang akan menimbulkan panas.
 
c)   Tanaman Bunga Lili Paris bisa ditanam per pohon atau beberapa pohon per Rumpunnya, kalau rumpun dari bunga Lili paris terlalu besar maka tanaman tersebut bisa di pisahkan, menjadi beberapa rumpun dengan cara memisahkan dengan menggunakan tangan, jangan menggunakan pisau karena akan lebih sulit dan kemungkinan besar pohonnya terpotong

d)  Tanamkan bibit Bunga Lili Paris ke dalam tanah yang sudah dibuat lubang tadi. Terus timbun dengan menggunakan tanah yang sudah dicampur tadi sedikit demi sedikit, lakukan penanaman sampai selesai. 

 

0 komentar:

Posting Komentar