Minggu, 25 September 2016

Anyelir



    


 Anyelir, atau disebut juga bunga teluki dan dikenal dalam bahasa inggris sebagai carnation, mempunyai nama ilmiah Dianthus caryophyllus adalah tanaman hias perkarangan dan pot yang populer. Tanaman ini berasal dari kawasan Mediterania  . bunga anyelir memiliki warna yang terang dan berwarna-warni, sehingga sering digunakan sebgai hiasan. Ada dua jenis tanaman anyelir yaitu jenis satu bunga bagi setiap tangkai dan jenis “spray”, banyakbunga bagi setiap tamgkai. Anyelir dapat hidup selama 18-20 bulan, tanaman ini dapat mencapai ketinggian sampai 2 meter, namun untuk dapat tumbuh tegak ia harus diikat dengan penyekong. Garispusat batang tanamanbunga anyelir dapat mencapai 1 cm. Dan biasanya membengkok pada buku/ruas. Fungsi bunga anyelir biasanya diguakan sebagai tanaman hias dan jugabunga karangan untuk berbagai kegiatan. Jenis bunga anyelir ini memiliki berbagai kegiatan. Jenis bunga anyelir ia memiliki berbagai macam bunga anyelir warnanya yaitu merah, putih, kuning,pink dan juga ungu.

 Sejarah bunga anyelir ini  asalnya dari daratan Mediterania. Filosofi dan makna bunga anyelir dalamsetiap warnanya memiliki beberapa arti salah satu contohnya arti bunga anyelir putih adalah simbol cinta yang murni, perasaan yang tidak bersalah, kesetiaan, cinta yang menggebu dan keberuntungan. Bunga anyelir putih juga menandakan rasa syukur yang mendalam. Di Indonesia, bunga anyelir ini juga dikenal dengan nama bunga teluki. Cara menanam bunga anyelir tidaklah sulit. Bunga anyelir ini tumbuh pada daerah dengan suhu sedang 20-27 derajat selsius. Tempatkan tanaman pada daerah yang terlindungdari cahaya matahari langsung. Gunakan media tanam yaitu tanah, kompas dan sekam bayar. penyiraman bunga anyelir ini sehari sekalipada waktu pagi atau sore hari.

 Kegunaan bunga anyelir tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias dan karangan saja namun juga bisa digunakan sebagai tanaman herbal karena tanaman ini mengandung banyak unsur kimia yang banyak dibutuh kan oleh tubuh. Kandungan kimia bunga anyelir mengandung saponin, jenis diancinenosid A,B,D,E,F,G, dan H. Arabinopiranosil hederagenin glukopiranosil glukopiranosid krisoeriol glukosid, isoorientin glukosid, isovitexin glukosid, dan sitosterol glukopiranosid, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.



0 komentar:

Posting Komentar