Sabtu, 24 September 2016

Paku Tanduk





PAKU TANDUK atau SIMBAR MENJANGAN

   Paku tanduk rusa (Platycerium) merupakan salah satu genus tumbuhan paku yang memiliki kurang lebih 18 jenis tanaman. Kesemuanya adalah epifit (akar melekat di batang pohon) yang mempunyai tampilan yang unik dikarenakan memiliki dua tipe daun dengan fungsi dan bentuk jelas berbeda.



 Ada dua tipe daununtuk tanaman Paku Tanduk, yaitu :
 
·         Tipe pertama adalah tanamanpaku yang selalu steril dan berbentuk perisai tegak, mengering pada kondisi kurang air, fungsinya mengumpulkan dedaunankering dan menangkap air, sehingga kelembaban bagirimpang terjaga.                                                                                                         
·         Tipe kedua adalah tanaman paku yang menjuntai dari “pusat” daun tipe pertama dengan bentuk menyerupai tandukrusa (walaupun ada beberapa jenis yang tidak demikian), fungsinya sebagai pembawa spora yang terletak di sisi bawah daun, panjang daun yang menjuntai dapat mencapai satu meter atau lebih.
Tanaman hias daun paku, biasanya juga disebut sebagai Simbar Menjangan, dimana tanaman ini dapat  anda jumpai tumbuh secara liar di semua daerah tropis dunia (dari Malaysia ampai Polynesia). Tanaman hias daun ini biasa di tempel di pohon atau di gantung untuk memberikan kesan alami pada tanam. Tempat yang disukai oleh tanaman paku yaknipada tempat yang cukup teduh, yang tidak langsung memperoleh sinar matahari. Anakan yang tumbuh dapat di pisah dari induknya secra hati-hati dan ditempelkan pada tempat lain.

0 komentar:

Posting Komentar