Sabtu, 24 September 2016

Bunga Sedap Malam



          


  Bunga sedap malam merupakan jenis tanaman hias yang mekardan berbunga setiap malam tiba. Selain itu bunga ini memiliki bau harum yang khas dan berbeda dengan tanaman bunga yng lainnya. Oleh karena itu dinamakan dengan bunga sedap malam. Tanaman ini mempunyai varian warna bunga yaitu kuning, merah dan putih. Bunga sedap malam sebenarnya bukan bunga asli indonesia. Diperkirakan bunga ini berasal dari Meksikodan telah diintroduksi ke indonesia sejak masuknya bangsa Eropa dan China ke Indonesia. Bunga sedap malam tumbuh merumpun dengan tinggi sekitar 0,5 – 1,5 meter. Serumpun batangnya tumbuh dari satu atau beberapaumbi induk dan beberapa umbi anak. Umbi ini merupakan batang semu sekaligus sebagai penyimpanan makanan. Umbi bunga sedap malam juga digunakan  untuk perbanyakan tanaman secara vegetatif. Bunga sedap malam dikenal memiliki kesegaran yang mampu bertahan lama. Meskipun telah di potong bunga yang menjadi flora. Bunga sedap malam dikenal memiliki kesegaran yang mampu bertahan lama. Meskipun telah dipotong bunga yang menjadi flora ini kesegarannya dapat bertahan selama 5-10 hari.
Pemanfaatan : Bunga Sedap Malam (polianthes tuberosa) banyakdi budidayakan diberbagai daerah di Indonesia. Bunga ini banyak dimanfaatkan sebagainbunga potong untuk berbagai keperluan.selain itubunga sedap malam juga dapat diolah sebagai bahan pembuat parfum.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Jika kamu ingin memilikinya untuk melengkapi pekarangan halamanmu kamu bisa menanamnya. Tenang saja, penanaman dan pemeliharaannya juga cukup mudah. Karena bunga ini tidak memerlukan media tanam yang rumit. Bunga sedap malam dapat ditanam dalam pot atau polybag maupun ditanam secara langsung. Kesegaran bunga sedap malam ini bisa bertahan hingga 6-9 jam. Bunga Sedap Malam dapat tumbuh secara maksimal jika ditanam di daerah dataran rendah yang mempunyai pH tanah antara 5-5,8. Akan tetapi tanaman ini juga tetap dapat tumbuh di dataran tinggi, hanya saja yang terjadi bunganya tidak terlalu mekar serta tangkai bunga yang lebih malas dari pada yang ditanam di dataran rendah. Berikut ini pancuan cara menanam bunga Sedap Malam

Pembibitan

Awal mula pembibitan bisa dimulai dengan umbi yang diperbanyak. Pilihlah umbi yang sudah cukup tua dari rumpun tanaman induknya yang sudah berusia sekitar 2 tahun atau bisa juga degan besar sekitar 2-3 cm. Kemudian keringkan selama 3-4 minggu, selanjutnya simpan bibit selama 1,5 bulan agar kelak umbi tersebut dapat dengan mudah bertunas.

Persiapan Media Tanam

Untuk media tanam yang bisa digunakan untuk menanam bunga Sedap Malam dapat dibuat dari campuran arang sekam, pupuk kandang halus/kompos dan tanah dengan perbandingan 1:1:1. setelah semua bahan media tanamnya ada, campurkan sampai merata dengan sempurna. Kemudian masukkan kedalam pot tanaman atau polybag sesuai ukuran yang diinginkan. Usahakan pot atau polybag memiliki lubang drainase, hal ini bertujuan untuk mencegah agar air tidak menggenang didalamnya yang dapat mengakibatkan tanaman menjadi busuk.

Penanaman

Dalam proses penanaman, siapkan lubang tanam sesuai dengan ukuran umbi yang akan ditanam. Kedalaman lubang tanam itu sendiri berkisar 5-6 cm. Kemudian masukkan umbi kedalam lubang tanam, selanjutnya ditutup dengan tanah dan jangan lupa padatkanlah area sekitar penanaman. Agar bibit cepat bertunas, lakukanlah penyiraman secara teratur.

Perawatan

Dalam perawatannya, bunga sedap malam ini bisa dilakukan dengan melakukan penyiraman secara rutin setiap sore dan pagi hari. Kemudian lakukan proses pemupukan jika tanaman sudah masuk usia 6 bulan. Pupuk yang diberikan bisa berupa campuran TSP dan Urea dengan komposisi 1:1. Setelah itu bunga Sedap Malam akan berbunga ketika telah menginjak usia 4-5 bulan sejak pertama kali ditanam. Dinamakan dengan bunga Sedap Malam, karena ketika malam hari bunga akan mekar dan mengeluarakan bau yang harum dan sedap untuk dihirup.

Khasiat dan Manfaat Bunga Sedap Malam untuk Kesehatan

   Banyak orang yang bilang bahwa bunga Sedap Malam itu mempunyai kemampuan untuk memperkuat imajinasi artistik seseorang karena kemampuannya dalam menstimulasi otak kanan seseorang yang kerap berkaitan dengan kreatifitas.
Dilihat dari tinjauan ilmiah, memang belum banyak yang mengungkapkan mengenai manfaat dan khasiat yang terkandung dalam bunga sedap malam. Namun ada salah seorang pakar pengobatan tradisional yang bernama Prof. HM Hembing Wijayakusuma, dia menyatakan bahwa bunga sedap malam berkhasiat dapat menghilangkan bengkak dan menurunkan panas.
Adapun bagian dari tanaman ini yang biasanya sering dipakai untuk pengobatan adalah pada bagian akar dan bunganya. Untuk lebih jelasnya, berikut penuturan Prof. HM Hembing Wijayakusuma yang dalam tulisannya membahas tentang pengobatan dari bunga sedap malam untuk mengobati berbagai jenis penyakit.



0 komentar:

Posting Komentar